Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 07 Mei 2011

Tugas softskill pertemuan akhir ke-4 bulan mei



PERAN MAHASISWA TERHADAP MASYARAKAT
Memahami seluk beluk hubungan antara manusia merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam kehidupan bermasyarakat dan setelah menelaah peran mahasiswa terhadap masyarakat ini maka terlihat bahwa sikap yang mereka miliki dan sejauh mana mereka dapat dipengaruhi. Perlunya komunikasi dalam kebutuhan integral dan tidak mungkin dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Peroses komunikasi tidak akan terjadi apabila tidak ada komponen-komponen yang terlibat didalamnya, oleh karena itu untuk mencapai proses komunikasi yang efektif perlu diperhatikan unsur atau komponen-komponen penting yang sudah mutlak harus ada.
Dalam kegiatan bermasyarakat perlu adanya partisipasi dan kerja sama dari para pelaku yang terlibat, artinya kegiatan ini akan berlangsung baik apabila pihak-pihak yang bermasyarakat (sepuluh orang atau lebih) sama-sama ikut terlibat dan sama-sama mempunyai perhatian yang sama terhadap topik pesan yang di komunikasikan. Komunikasi bermasyarakat bersifat transaksional, artinya komunikasi pada dasarnya menurut dau tindakan : memberi dan menerima. Dua  tindakan tersebut perlu dilakukan secara seimbang atau proporsioanal oleh masing-masing pelaku yang terlibat dalam komunikasi bermasyarakat.
Ada juga program berbasis alam yang diadakan mahasiswa untuk mengajak masyarakat dalam aktivitas ramah lingkungan dalam berbagai hal untuk menginformasikan kepada masyarakat luas mengenai dampak yang dapat ditimbulkan akibat pemanasan global bersama-sama melakukan tindakan dalam mencgahnya. Penggunaan plastik, bahan pembungkus makanan dan minuman sangat tinggi tigkat ketergantungan sehingga hampir sudah tidak dapat dikontrol akan mengancam seluruh aspek kehidupan manusia.
Bila ditinjau dari sisi bahan baku pembuatan sampah plastik dengan jumlah total konsumsi plastik dalam satu tahun maka dibutuhkan 12 juta barel minyak dan 14 juta batang pohon sebagai bahan baku dasarnya. Kondisi ini tentunya sangat memprihatinkan jika ditnjau dari sudut pelestarian lingkungan, belum lagi ditambah dengan bahaya yang dapat ditimbulkan dari sampah produk berbahan plastik yang tidak didaur ulang dengan proses yang benar.
Program berbasis alam merupakan inisiatif dari mahasiswa yang kesuksesannya didukung oleh banyak pihak, terutama oleh masyarakat itu sendiri. Karena selain memberikan dampak yang baik pada lingkungan, program ini juga dapat menguntungkan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar