Sejarah program microsoft word.
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
Fitur Unggulan
- AutoCorrect
- MailMerge
- Autopage Index
- Macro
- Auto Formating
- HTML editor
- Booklet layout
- Wysiwyg
- Mendukung format XML dan ODF (Word 2010)
MEMULAI PROGRAM MICROSOFT WORD
Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih
otomatis. bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang
berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat
kabar sampai dengan fax. Pada Bab ini kita akan berkenalan dengan menu Home.
Pada menu ini terdapat kelompok toolbar
• Clipboard
• Font
• Paragraph
• Styles
• Editing
A. Cara memulai aplikasi Microsoft Word
Langkah-langkah :
1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan
Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
2. Unsur-unsur utama Layar Ms Word.
· Judul Windows
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum
dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya.
Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize
dan menutup aplikasi word
· Office Button
Digunakan untuk:
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan
untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar
· Customize Quick Access Toolbar
Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar,
sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut
pada taskbar sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk
mempercepat pengerjaan.
· Menu
Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
· Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili
perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut
3.
· Kursor
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika
kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya
sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
· Penggulung Teks
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical
dan horizontal.
· Memasukkan Teks
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada
beberapa
hal yang perlu diketahui:
_ Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
_ Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi
kanan halaman.
_ Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
_ Tekan enter untuk menambah baris kosong.
_ Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
_ Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini
tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
Sebagai Latihan Ketiklah teks berikut:
UNUVERSITAS GUNADARMA adalah universitas swasta yang ternama di Indonesia.
kegiatan mahasiswa tempat berkumpulnya
mahasiswa universitas gunadarma. Saya berminat untuk mendalami bidang teknologi
dan informasi.
Disini akan dipelajari berbagai cabang ilmu dalam bidang IT, seperti
pemrograman, jaringan computer, internet, perakitan dan penginstalan serta
teknisi computer.
Bagi MAHASISWA yang berminat dalam bidang IT dapat segera
mendaftarkan diri, namun untuk tahap pertama cuma di terima 20 orang, yang
ditentukan melalui interview dan seleksi yang dilakukan oleh panitia.
· Memperbaiki Teks
Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk
menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :
· Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area
teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi
yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan
panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu
halaman.
4.
· Menggunakan Keyboard
Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK
dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.
· Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button
pada Toolbar. Akan muncul gambar berikut:
Pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File
name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah
diketik dengan nama Lat1.doc
· Menutup Dokumen
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya,
mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office
button dan pilih Close.
· Membuka Dokumen
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open,
5.
Carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look
in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan
ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah
dibuat tadi.
· Keluar dari Word
Click tombol yang ada di pojok kanan atas window Word maka aplikasi word akan
hilang.
Latihan 1 :
_ Buatlah teks dibawah ini :
MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata
(word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-
Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem
operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft
Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007
diberi nama Microsoft Office Word.
Simpanlah file tersebut dengan nama Latihan – 1.
6.
MEMBUAT NASKAH
A. Memulai Pembuatan Naskah
§ Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
§ Aturlah Margin lembar kerja
§ Ketiklah naskah yang diinginkan
B. Mengatur Setting Halaman ( Margin Dan Ukuran Kertas )
1. Klik Page Layout
a. Klik Tab Margin
b. Pilih bentuk margin yang diinginkan
c. Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom
Margin dan tentukan:
_ Top : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
_ Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
_ Left : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
_ Right : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
_ Gutter : Jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditujukan
sebagai tempat penjilidan.
_ Gutter Position : Letak gutter.
_ Orientation : Pengaturan arah cetakan halaman dengan Portrait
(memanjang) dan Landscape (melebar).
_ Preview : Tampilan layar Word.
2. Paper Size
1. Klik di SIZE, kemudian tentukan ukuran kertas yang
di inginkan.
2. Jika tidak ada yang sesuai klik di More Paper Size
Contoh : A4, Legal, dll.
Width : Menentukan ukuran lebar kertas.
Height : Menentukan ukuran tinggi kertas.
7.
C. Tata Cara Penulisan
_ Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift
bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup)
_ Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan tombol Caps Lock.
_ Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
_ Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
_ Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter.
_ Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
_ Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing.
_ Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home.
_ Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End.
_ Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num
Lock.
D. Pengaturan Perataan Teks
Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:
Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.
Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan
E. Memformat Karakter Huruf Pada Naskah
_ Dari menu Format – Font
_ Font : Pengaturan huruf.
_ Font : Memilih jenis huruf. Contoh : Arial, Tahoma, dll.
_ Font Style : Bold (Memilih ketebalan huruf), Italic (Memiringkan huruf),
Underline (Memilih garis bawah pada huruf).
_ Size : Memilih ukuran huruf.
_ Font Color : Memilih warna huruf.
_ Underline Style : Memilih bentuk dan ketebalan garis bawah huruf.
_ Underline Color : Warna garis bawah huruf.
_ Effects : Menentukan efek cetak huruf.
8. Atau kita bisa mengatur format teks dari icon Toolbar Formatting.
Font : Memilih jenis huruf (Ctrl + Shift + F).
Font Size : Memilih ukuran huruf (Ctrl + Shift + P).
Bold : Huruf cetak tebal (Ctrl + B).
Italic : Huruf cetak miring (Ctrl + I).
Underline : Menggaris bawahi huruf (Ctrl + U).
Font Color : Mewarnai huruf.
Latihan 2 :
_ Buatlah teks dibawah ini :
Penyebaran virus dewasa ini semakin ganas, motif yang digunakanpun semakin beragam,
mulai dari hanya sekedar ”pamer” , sampai dengan merusak dan mengambil data. Media
penginfeksian pun semakin canggih mulai dari disket, LAN sampai internet. Ada satu hal yang
pasti, penyebaran virus tersebut telah membawa dampak yang cukup besar (dan menyebalkan)
bagi para pengguna komputer baik materiil maupun non materiil.
Maraknya penyebaran virus dan spyware, rupanya semakin memberikan semangat bagi para
pembuat virus lokal untuk terus ”berkarya”.
hal ini terbukti dengan keluarnya virus lokal baru dengan nama resmi W32/Kang.A atau lebih
dikenal dengan nama Kangen. Dinamakan Kangen karena setiap komptuer yang terinfeksi akan
menampilkan refrain lagu Kangen (Dewa 19) pada file MS Word atau wallpaper. Norman
Virus Control mendeteksi virus ini pada tanggal 14 April 2005 sebagai
W32/Kang.A. Cara kerja virus Kangen mempunyai kemiripan dengan virus Pesin dengan beberapa
perbedaan kecil. Sama seperti Pesin / MyHeart, Kangen menyebar melalui disket dan jaringan (File
Sharing) dan akan membuat file yang mengandung virus mirip dengan dengan icon file dokumen
MS. Word dengan ekstensi.EXE (contoh: Kangen.exe dengan ukuran 64kb). Dalam menyebarkan
dirinya melalui jaringan (file sharing), Kangen tidak dapat berjalan secara otomatis melainkan
memerlukan bantuan pihak ketiga untuk menjalankan file yang telah terinfeksi. Jika file ini
dijalankan maka akan muncul dokumen MS. Word dengan teks Refrain lagu Kangen
Pengaturan Page Set Up:
_ Kertas : A4
Margin :
_ Left : 2.5
_ Right : 2.5
_ Top : 3
_ Bottom : 3
Orientation : Portrait
9.
MENGEDIT NASKAH
A. Membuat Block Pada Teks
_ Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock
_ Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah ( _ ) ke awal kata / kalimat.
Atau bisa menggunakan Mouse
_ Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock
_ Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock
_ Lepas klik mouse tersebut
Untuk menghilangkan tanda block di teks klik di sembarang tempat dalam jendela
dokumen.
B. Mengcopy Kata / Kalimat
_ Block kata / kalimat yang akan di-copy
_ Klik icon atau dengan tombol Ctrl + C
_ Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an
_ Klik icon atau dengan tombol Ctrl + V
C. Memindahkan Kata / Kalimat
_ Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
_ Klik klik icon atau dengan tombol Ctrl + X
_ Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
_ Klik icon atau dengan tombol Ctrl + V
D. Membatalkan Perintah
Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan,
pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan.
E. Change Case
_ Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
_ Klik menu Home – Change Case
o Sentence case : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
o lowercase : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
o UPPERCASE : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
o Title Case : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
o tONGLE cASE : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil
F. Find, Replace, and Go To
1. Find (Mencari)
o Klik icon atau tekan tombol Ctrl + F
o Ketik kata yang akan dicari di kotak Find What
o Klik Find Next untuk mencari
o Tutup jendela tampilan ( X ) Find and Replace
2. Replace (Mengganti)
o Klik icon atau tekan tombol Ctrl + H
o Ketik kata yang ada pada dokumen yang ingin diganti di kotak Find What
o Ketik kata pengganti di kotak Replace With
o Klik Replace All (Untuk mengganti semua kata) atau Replace (untuk mengganti satu
kata saja)
o Tutup jendela tampilan Find and Replace
3. Go To (Menuju Ke Halaman Tertentu)
o Klik icon atau tekan tombol Ctrl + G
o Ketik angka atau nomor halaman yang dituju pada Enter Page Number.
o Lalu klik Next
A. KESIMPULAN SARAN
Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis
kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang
terbaik yang dapat dicapai.
Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis
kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang
terbaik yang dapat dicapai.
B. PENUTUP
Semoga makalah ini dapat menggerakkan manusia Indonesia untuk lebih
berkarya dan berinovasi sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia
sehingga mampu meningkatkan image bangsa di mata bangsa di dunia.
12.
FORMAT NASKAH
A. Mengatur Paragraf dan Spasi
_ Klik icon Paragraph
_ Klik Indent and Spacing
_ Pada Spacing tentukan berapa spasi yang diinginkan
_ Klik Ok.
Atau dengan cara lain :
_ Blok kalimat yang ingin diatur paragrafnya
_ Tekan tombol kombinasi:
o Untuk 1 spasi tekan Ctrl + 1 (Single)
o Untuk 1½ spasi tekan Ctrl + 5 (1,5 lines)
o Untuk 2 spasi tekan Ctrl + 2 (Double)
B. Bullets and Numbering
_ Bullets
_ Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets.
_ Klik tab Home klik icon
_ Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda
harapkan.
_ Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define
New Bullet.
_ Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
_ Klik OK
_ Numbered
_ Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat numbered.
_ Klik tab Home klik icon
_ Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
_ Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New
Bullet.
_ Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
_ Klik OK
Modul Panduan Microsoft Word
13.
C. Borders and Shading
_ Dari tab Page Layout
_ Klik icon
o Page Border : Membuat garis bingkai halaman.
_ Setting : Memilih bentuk bingkai halaman.
_ Style : Memilih bentuk garis bingkai halaman.
_ Color : Memilih warna garis bingkai halaman.
_ Width : Memilih ketebalan garis bingkai halaman.
_ Art : Memilih jenis bingkai halaman.
_ Options : Memberikan pilihan pada jarak bingkai.
_ Klik OK
Columns
_ Klik tab Page Layout
_ Klik icon Columns
_ Tentukan jumlah kolom yang kalian inginkan
_ Jika tidak ada yang sesuai klik di More Coloums, kemudian tentukan jumlah kolom.
o Number of columns : Menentukan jumlah kolom.
o Width : Menentukan lebar kolom
o Preview : Melihat tampilan sementara
_ Klik OK
Drop Cap
_ Klik tab insert
_ Klik di Icon Drop Cap
_ Pilih Dropped atau In Margin
_ Seandainya bentuknya tidak sesuai klik di Drop Cap Options
_ Tentukan pengaturannya :
o Position : Pilih letak teks yang diinginkan.
o Font : Pilih jenis huruf.
o Lines to drop : Tentukan jumlah baris tinggi drop cap.
o Distance from text : Memodifikasi jarak drop cap dengan teks
_ Klik OK
14.
A. Menyisip Nomor Halaman
_ Klik tab Insert
_ Klik icon Page Number
_ Klik tanda panah kebawah dan tentukan posisi number
_ Jika tidak ada yang sesuai, klik di Format Page Number
o Format : Memodifikasikan format nomor halaman.
_ Number format : Memilih format nomor halaman.
_ Page numbering : Mengatur urutan nomor halaman.
_ Continue from previous section : Penomoran halaman secara berurutan
mulai dari awal hingga akhir.
_ Start At : Pengaturan nomor halaman awal
B. Membuat Header dan Footer
_ Klik di icon Header atau Footer
_ Klik tanda panah ke bawah dan tentukan posisi Header
_ Isikan catatan atas pada kolom Header dan catatan bawah pada kolom Footer
_ Klik Close
C. Membuat Teks WordArt
_ Klik di icon WrdArt
_ Klik tanda panah kebawah dan pilih disain WordArt.
_ Edit WordArt Text: Ketik teks pada kotak teks.
_ Font : Memilih jenis huruf.
_ Size : Memilih ukuran huruf.
_ B (Bold) : Teks WordArt cetak tebal.
_ I (Italic) : teks WordArt cetak miring
_ Klik Ok
D. Menyisip Gambar
_ Klik icon ClipArt
_ Pada pane tugas Insert ClipArt, klik Clip Organizer dan pilih gambar yang ada.
_ Klik perintah Copy dan tutup jendela Microsoft Clip Organizer
_ Klik perintah Paste
_ Memasukkan gambar dari File
_ Klik Icon Picture
_ Pilih file gambar yang ada – Klik tombol Insert
17.
MEMBUAT TABEL
A. Membuat Table Word
_ Klik tab Insert Klik icon Table
_ Klik tanda panah kebawah dan tentukan jumlah baris dan
kolom yang dibutuhkan.
· Jika tidak ada bentuk kolom yang sesuai, klik Insert Table
o Table size : Ukuran table.
_ Number of columns : Tentukan jumlah kolom.
_ Number of rows : Tentukan jumlah baris
o AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis.
o AutoFormat : Memilih bentuk format tabel.
_ OK
B. Fasilitas Pengolahan Tabel
_ Dari menu Table, pilih:
o Draw Table : Menggambar kotak tabel.
o Insert : Menyisip tabel, kolom, baris atau sel.
o Delete : Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.
o Select : Memilih tabel, kolom, baris atau sel.
o Merge Cells : Menggabungkan sel.
o Split Cells : Membagi sel.
o Split Table : Membagi tabel.
o Table AutoFormat : Memilih format tabel.
o Auto Fit : Mengepas kolom / baris otomatis.
o Heading Rows Repeat : Mengulangi judul tabel ke tabel halaman berikutnya.
o Convert : Mengubah jenis penulisan teks menjadi tabel atau sebaliknya.
o Sort : Mengurutkan data tabel.
o Formula : Operasi perhitungan data tabel.
o Hide Gridlines : Menyembunyikan garis bantu tabel.
o Table Properties : Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel
Cara Menggunakan Formula
_ Letakkan kursor pada sel yang akan diisi rumus
_ Klik tab Layout
_ Klik di icon Formula
_ Isikan kotak Formula dengan
18.
o =Product(Left)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Product(Right)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Product(Above) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya
o =Sum(Left)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o =Sum(Right)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o =Sum(Above)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya
_ Klik OK
Contoh Product :
NAMA BARANG JUMLAH BARANG HARGA PER UNIT TOTAL HARGA
TELEVISI 10 2000000
KULKAS 8 1200000
PARABOLA 12 1500000
KOMPUTER 9 4000000
DVD PLAYER 10 300000
Untuk Perkalian Gunakan Fungsi Product
=PRODUCT(LEFT)
ATAU
=B2+C2 MAKA HASILNYA D2
19.
A.
NO NAMA ALAMAT PENDIDIKAN E-MAIL
5. Namasaya_adalah@yahoo.com
B.
PERANGKAT KOMPUTER
HARDISK
FLOPPY DISK CD-ROM
RAM VGA PROCESSOR
c.
TABEL GAJI KARYAWAN PT.MAKMUR JAYA
jakarta
NAMA
KARYAWAN
GAJI
POKOK
BONUS
PRESTASI
TOTAL GAJI
BULANAN
arya 2500000 1000000
blinyoman 5000000 1500000
wahid 3200000 1200000
wawan 4000000 2000000
baker 3500000 1800000
TOTAL PENGELUARAN GAJI
20.
MENGGUNAKAN DRAWING
Cara Menggunakan AutoShapes
_ Membuat AutoShape
_ Klik tab Insert Klik icon Shapes
_ Klik tanda panah kebawah
_ Pilih bentuk yang diinginkan
_ Letakkan penunjuk mouse diawal gambar
lalu drag (seret) sesuai dengan keinginan, lalu lepas
drag-nya.
_ Memasukkan Teks pada AutoShape
_ Klik gambar AutoShape yang ingin diisi teks di
dalamnya
_ Klik icon Text Box
_ Klik pointer pada gambar AutoShape yang ingin
diisi tulisan di dalamnya
_ Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut
Atau
_ Klik kanan gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya
_ Klik Add Text
_ Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut
ILMU PENGETAHUAN
21.
RUMUS
A. Membuat Typesetting Matematis
B. Klik tab Insert Klik icon Equation
_ Klik tanda panah kebawah dan pilih jenis Equation yang anda inginkan
_ Jika tidak ada yang cocok klik di Insert New Equation
_ Ketik Equation yang anda inginkan
_ Jika telah selesai klik sembarang tempat dalam lembaran kerja.
C. Subscript (Pangkat bawah) dan Superscript (Pangkat Atas)
_ Blok huruf atau kalimat yang akan dijadikan subscript atau superscript
_ Klik tab Insert dan klik icon Subscript atau Superscript
_ Dapat juga dengan mtekan tombol kombinasi:
o Ctrl + = atau klik icon (untuk subscript / huruf agak kecil dan kebawah sedikit)
o Ctrl + Shift + = atau klik icon (untuk superscript / huruf agak kecil dan sedikit
ke atas)
22.
MENCETAK / PRINT
Langkah yang dilakukan untuk mencetak dokumen adalah :
_ Klik icon Office Button
_ Pilih Print Atau tekan tombol alternatif Ctrl + P di keyboard
_ Tentukan jenis printer pada kotak Printer Name
_ Pada kotak Page range :
o All : Untuk mencetak semua lembaran pada file tersebut
o Current page : Mencetak hanya pada halaman dimana kursor itu diletakkan
o Pages : Mengisi halaman dokumen yang akan dicetak
o Number of Copies → Untuk mencetak dokumen berapa rangkap halaman yang
akan di print
o Properties → Untuk mengatur setup mencetak
_ Klik Ok.
UNIVERSITAS GUNADARMA
0 komentar:
Posting Komentar