Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 13 November 2011

DANAU TOBA


Danau-danau besar tidak hanya ada di luar negeri. Indonesia juga memiliki danau-danau yang luas. Salah satunya adalah Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara.


sumber gambar: http://tamaneden100.wordpress.com/2007/10/20/magnet-parapat-di-hari-raya-idul-fitri-2/

Danau Toba merupakan danau vulkanik, yaitu danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Menurut penelitian para ahli, Danau Toba terbentuk sekira 73.000-75.000 tahun yang lalu. Waktu itu sebuah gunung berapi besar meletus dengan dahsyat. Letusan gunung ini memuntahkan material vulkanis sebanyak 28.000 km3. Abu vulkanisnya tersebar hingga Afrika Selatan. Lontaran debunya mencapai ketinggian 10 km di atas permukaan laut.

Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air. Kaldera inilah yang sekarang disebut Danau Toba. Sedangkan Pulau Samosir terbentuk akibat adanya tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar.

Danau Toba merupakan danau terluas dan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, sekaligus menjadi danau vulkanis terbesar di dunia. Danau yang terletak di ketinggian 950 meter dari atas permukaan laut ini memiliki panjang 100 km, lebar 30 km dan kedalaman rata-rata 500 meter.

Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias. Danau yang luas, pulau Samosir di tengah danau, dan ada danau di tengah Pulau Samosir, membuat lingkungan danau Toba sangat unik. Hawanya yang sejuk dan pemandangannya yang indah sangat menarik para wisatawan.

Sumber: Majalah Adzkia Edisi 52, September 2010

0 komentar:

Posting Komentar